Mengapa Ban Roda Pesawat Ini Kotak? Ini Jawabannya..


TosViral - Aneh kalo ada ban atau roda yang berbentuk nggak bulat, semuanya pasti bulat. tapi kalo kamu kenal dengan maskapai penerbangan British Airways beda ceritanya loh. Kenapa? Yuk kita simak!


Mengapa Ban Roda Pesawat Ini Kotak? Ini Jawabannya..
Mengapa Ban Roda Pesawat Ini Kotak? Ini Jawabannya..
Maskapai Vritish Airways ini roda pesawatnya bentuknya kotak loh. Nggak percaya? Pakar penerbangan aja dibuat pusing sampe menggaruk kepalanya yang heran dengan misteri roda pesawat berbentuk kotak tersebut.

Saat mendarat di Bandar Udara Internasional London Heathrow, pesawat ini jenisya A380 setelah terbang dari Hong Kong. Iya saat mendarat kok salah satu roda pendaratan pesawat itu bentuknya kotak kayak ban bocor gitu.

Nggak ada yang tau kok bisa bentuknya kotak. Tapi kemungkinan sih ban pesawat tersebut emang mengalami kebocoran selama penerbangan tanpa terbantu oleh perubahan suhu.

Hal ini diungkapkan oleh juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil;
"Ini adalah salah satu hal yang bikin penasaran. Tidak pernah melihat sesuatu seperti itu sebelumnya."
Penjelasan juga diberikan oleh salah satu pakar penerbangan pesawat menanggapi ban kotak pesawat itu. Ia berpendapat bahwa ban akan tetap berbentuk bulat saat pesawat mendarat meskipun kempes, tapi ini nggak.
"Ini sedikit misterius, sebuah fenomena menarik. Ban kempes akan tetap bulat ketika pesawat mendarat, itu (ban) tidak akan berputar dengan bentuk persegi seperti terlihat di gambar," jelasnya.

Mengapa Ban Roda Pesawat Ini Kotak? Ini Jawabannya..

Roda pesawat itu terbuat dari alumunium yang sangat kuat. Badan pesawat mampu ditampung olehnya. Dan seperti kita lihat di gambar di atas ban pesawat itu memang sama sekali nggak rusak.

Adapun satu-satunya penjelasan yang cukup logis adalah terjadinya ledakan di dalam ban saat rem pesawat terlalu panas. Namun jika itu terjadi maka pilot pun akan menerima peringatan.

Untunglah, pesawat itu berhasil mendarat dengan selamat tanpa menimbulkan korban luka meski harus mendarat dengan roda yang bentuknya kotak itu. Ada-ada saja yaa..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Ban Roda Pesawat Ini Kotak? Ini Jawabannya.."

Post a Comment