Sudah Taukah Kisah Dede, Pemuda Desa Sukses Pencipta Kompor dengan Bahan Bakar Air?


TosViral – Dede, pemuda desa yang sukses meraup untung ratusan juta rupiah dari inovasinya yang luar biasa; ‘teknologi kompor berbahan bakar air’.

Sudah Taukah Kisah Dede, Pemuda Desa Sukses Pencipta Kompor dengan Bahan Bakar Air?
Sudah Taukah Kisah Dede, Pemuda Desa Sukses Pencipta Kompor dengan Bahan Bakar Air?
Pemuda 22 tahun bernama lengkap Dede Miftahul Anwar baru-baru ini menjadi sorotan publik usai inovasinya yang telah dicium netizen. Jangan lihat dari penampilannya yang terkesan culun dan biasa saja. Di balik itu, ia menyimpan ilmu pengetahuan dan prinsip berbisnis yang luar biasa.

Awalnya ia mengikuti acara gelaran Bank Mandiri yaitu ‘Program Inkubasi Usaha’ di Kawasan Plaza Senayan, Jkarta. Dia datang dengan berpenampilan sangat sederhana yang hanya mengenakan kemeja biru dengan bahan katun dan celana bahan hitam plus sepatu gunung, kala itu ia datang dengan penuh percaya diri ditemani laptopnya yang sudah tampak lusuh.

Jelas saja, penampilannya cukup mencolok dibanding yang lainnya, maksudnya ia merupakan pribadi yang berpenampilan paling sederhana pada saat acara itu digelar. Ya, seperti kita ketahui bahwa tempat tersebut merupakan pusat perbelanjaan elite yang memang ‘dikhususkan’ untuk kalangan menengah ke atas dengan berbagai macam produk yang terbilang mahal.

Penampilan mahasiswa asal Subang, Jawa Barat itupun memang kontras dengan ‘suasana’ di sana. Karena di sana orang-orang yang berdatangan kebanyakan mengenakan jas dan dasinya (untuk pengunjung pria), sedangkan wanita lebih sering dijumpai dengan penampilan yang trendi dengan balutan rok mini seksi. Namun hal itu tidak menyurutkan rasa percaya dirinya untuk turut berpartisipasi dalam acara yang dilangsungkan di tempat tersebut.

Saat ditanya di salah satu Coffe Shop di kawasan Plaza Senayan, Selasa 3 Mei lalu, ia pun memberikan pernyataan, “Saya asli Subang, bapak saya petani dan ibu saya buka warung.”

Penampilan Dede saat di acara gelaran Bank Mandiri yaitu ‘Program Inkubasi Usaha’
Penampilan Dede saat di acara gelaran Bank Mandiri yaitu ‘Program Inkubasi Usaha’
Setelah berbincang lebih dalam dengannya, ternyata pemuda itu memiliki kemampuan dan pengalaman yang begitu baik dan memang harus diperhitungkan. Kita malah terkecoh dengan penampilannya yang ‘seadanya’ yang banyak orang menyangka bahwa ia hanyalah mahasiswa biasa yang datang dari pelosok negeri.

FYI, Dede merupakan mahasiswa di Departemen Pendidikan Kimia, FPMIPA niversitas Pendidikan Indonesia.

Dalam acara itu, ia berhasil meraih juara pertama dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri 2015 di bidang usaha teknologi non digital yang berhasil menciptakan produk yang sangat inovatif. Apakah itu? Ya, kompor berbahan bakar air.

Ia menjelaskan, “Saya melakukan penelitian, mengurai dua unsur yang ada dalam air. Jadi yang diambil gas hidrogen saja, oksigennya diendapkan,” jelasnya.

Dalam penjelasannya lebih lanjut, dijelaskannya bahwa terdapat senyawa yang diendapkan di dalam air dimana ia hanya mengambil gas hidrogennya saja, kemudian ia kombinasikan dengan zat khusus yang diciptakannya sebagai pengurai. Menurutnya, ada dua unsur yang terdapat dalam air, yang mana akan terppisah apabila kedua unsur tersebut dicampurkan dengan zat khusus ramuannya. Jadilah gas hidrogen yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

“Zat kimia untuk pengurai itu sangat mudah didapatkan dan ada dimana saja. Tinggal dicampur dengan air langsung terpisah antara oksigen dan hidrogen,” katanya. Namun saat disinggung unsur zat pengurai yang diciptakannya itu, ia masih belum memberikan penjelasan.

Lalu apa yang ia lakukan selanjutnya setelah itu? Yuk, simak di sini: Pemasaran Pertama Kompor Berbahan Bakar Air Karya Dede

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sudah Taukah Kisah Dede, Pemuda Desa Sukses Pencipta Kompor dengan Bahan Bakar Air?"

Post a Comment